Pages

Wednesday, May 22, 2013

Tips Membaca Buku

Buku adalah jendela dunia. Begitulah yang kita pelajari sejak kecil. Bagi orang yang cenderung auditori ketimbang visual seperti saya, membaca buku bisa jadi hal yang kurang menyenangkan. Namun ketika saya menyadari bahwa di bumi ini sumber pengetahuan lebih banyak berupa media visual daripada audio, maka saya memutuskan untuk mencintai buku.

Prinsip saya, entah sudah pernah ditulis di blog ini atau belum, adalah, "cinta itu keputusan, dan keputusan dapat mengarahkan perasaan untuk mengikutinya". Dari era analog sampai digital memang resource untuk menambah wawasan selalu lebih banyak visual daripada audio. Selain itu, audio book juga menimbulkan kendala yaitu ukuran file yang jauh lebih besar daripada ebook. Hal inilah yang membuat saya harus mencintai kegiatan membaca.

Berikut akan saya bagikan tips membaca buku. Tips ini hanya berlaku bagi anda yang telah memutuskan untuk mencintai buku(lebih tepatnya mencintai membaca). Bagi anda yang belum, putuskanlah untuk mencintai buku sekarang sebelum anda menyesal! (berbau ancaman,hehehe). Sebenarnya, untuk apa perlu tips membaca? Jawaban sederhananya agar kita memperoleh sebesar-besarnya manfaat dari buku tersebut. Ada buku yang mudah dan ada yang sulit dipahami. Sampai saat ini saya memiliki satu buku yang sudah dipinjam oleh tiga orang, dan semuanya menyerah untuk menyelesaikannya, padahal buku itu tidak tebal(jangan membayangkan itu buku yang menyeramkan, sadis, atau membosankan). Menurut para peminjam, buku tersebut 'berat'. Dari latar belakang inilah saya berniat menulis tips, yang sebenarnya berdasarkan pengalaman pribadi. Dan inilah tipsnya.

MILIKI NIAT UNTUK BACA SAMPAI SELESAI
Jika kita hanya menyelesaikan separuh buku, bisa jadi hanya separuh manfaat yang kita peroleh. Sering saya temui orang-orang yang setengah tahu, biasanya berlagak tahu. Waspadalah, karena potensi ini juga mungkin terjadi pada kita. Orang yang berlagak tahu biasanya berujung pada mempermalukan diri sendiri, terutama ketika dipertemukan dengan orang yang benar-benar tahu. Saya selalu membaca bab Pendahuluan lebih dahulu karena dari situ saya dapatkan gambaran secara umum apa yang akan diselami di bab-bab berikutnya. Kata pengantar juga cukup penting karena dari sana kita tahu siapa yang me-review buku tersebut dan merekomendasikannya pada kita. Semakin terkenal/berpengaruh/kompeten sosok yang menulis kata pengantar, kita semakin yakin bahwa buku itu berkualitas. Sekali lagi selesaikanlah, terlepas anda mengerti atau tidak.

CATAT HAL YANG DIPAHAMI DAN TIDAK
Dengan mencatat hal yang dipahami, kita memberi efek perekat pada ingatan kita tentang sesuatu yang dicatat. Selain itu kita juga lebih mudah mengaksesnya jika diperlukan. Setelah mencatat hal yang tidak/belum dipahami, berusahalah mencari tahu dengan informasi tambahan, bisa dari googling, buku lain, tanya pakar, dsb. Dengan demikian kita mendapat pencerahan dan menjadi paham. Buatlah catatan setiap selesai membaca, entah itu selesai setengah bab, satu bab, atau lebih. Kadang hal-hal yang tidak kita pahami di bab sebelumnya akan menemui pencerahan di bab berikutnya. Dengan membuat catatan, kita akan mudah mengakses informasi yang ingin kita perdalam dengan cepat. Setelah semua terbaca, rapikan lagi catatan kita supaya lebih sedap dibaca dan memiliki alur yang baik. Catatan ini bisa menjadi rujukan bagi kita maupun orang lain yang hendak membaca buku tersebut.

ULANGI
Kita bukan manusia super yang dapat memahami dengan sempurna seluruh isi buku dalam sekali baca. Kadang kita masih belum paham tentang sebagian isi buku tersebut, setelah dicatat dan cari informasi di luar masih juga belum mendapat pencerahan. It's ok. Teruskan membaca sampai selesai dan ulangi membaca lagi dari awal. Kadang pencerahan didapatkan saat membaca ulang. Tiba-tiba seolah-olah muncul lampu terang(cling!), eureka!!! Bahkan kadang kita mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang hal yang sebelumnya sudah kita pahami. Dengan pengulangan, yang samar semakin terlihat, yang terfragmentasi menjadi utuh.

Demikian tips sederhana membaca buku dari saya. Semoga bermanfaat bagi pembaca yang budiman.
Salam baca.

4 comments:

Unknown said...

Like

OXA Entertainment said...

tips membaca buku atau tips memahami buku bacaan?

Danu Retakson said...

Sebelum memahami, jatuh cinta dulu.

Unknown said...

Baru sempet baca posting ini.. Ok bertobat dengan mencintai membaca dlu.. :-)
Nice post..